Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Kebiasaan Menyenangkan yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Pembisnis yang Baik

Cara Menjadi Kaya |
Menjadi pendengar yang baik

Kontak mata ialah bahasa badan terpenting dan pertama yang harus anda perhatikan dikala mendengarkan lawan bicara. Ketika anda sedang berbicara dengan orang lain , kalau ia tidak melihat pada anda , bisa dipastikan orang tersebut tidak sedang mendengarkan anda.

Image Credit
Lakukan kontak mata secara pribadi , itulah cara dasar biar orang mengetahui bahwa Anda sedang mendengarkan. Berapa banyak kontan mata yang diperlukan ketika mendengarkan orang lain? Jawabannya ialah semakin banyak kontak mata , semakin besar keterlibatan anda dalam pembicaraan. Dengan begitu , anda sudah memperlihatkan kesan bahwa anda mendengarkan mereka dengan sepenuh hati.

Baiklah , mari kita lakukan percobaan untuk membuktikan bahwa kontak mata dari pendengar sangat penting bagi orang yang sedang berbicara:

Ketika ada orang yang sedang berbicara dengan anda , perlahan alihkan tatapan mata anda dari mereka kepada hal lain yang lebih menarik perhatian anda ibarat komputer atau handphone. Dapat dipastikan , seiring dengan beralihnya tatapan anda dari mereka , mereka juga akan menghentikan pembicaraannya. Hilangnya kontak mata ialah sinyal hilangnya perhatian.

Ternyata , kontak mata yang intens saja tidak cukup untuk membuat anda menjadi pendengar yang baik. Kontak mata yang baik membutuhkan keterampilan tambahan. Hal ini ditujukan untuk mengurangi perasaan terintimidasi yang disebabkan konak mata yang terlalu intens.

Caranya ialah dengan menggeser tatapan. Menggeser tatapan ialah menggeser pandangan anda kepada orang yang sedang berbicara dari satu mata ke mata yang lain.

Mengapa hal ini perlu dilakukan? Pertama ialah untuk menjadi penyeimbang kontak mata yang intens , kedua ialah karena tatapan yang kosong akan terkesan ibarat tidak sungguh-sungguh atau berpura-pura mendengarkan.

Dalam berbicara hindari kurangnya acara mata. Oleh karena itu , Jika anda ingin orang lain melihat bahwa anda sedang mendengarkan , mata anda harus bergerak.


Menjadi pribadi yang murah senyum

Senyum memiliki manfaat yang sangat besar dalam kehidupanmu. Senyum dapat  meemperbaiki korelasi seseorang ,  baik dengan orang  lain ,  maupun dengan Tuhannya. Orang yang  tersenyum ketika berbicara atau berafiliasi dengan orang lain , secara otomatis menunjukan bahwa hubungannya dengan  lawan bicaranya  terjalin dengan baik.  Senyum dapat  memperluas pergaulan. Di pandang dari  segi  hubungan sosial , orang yang senantiasa tersenyum dalam berbicara ataupun berafiliasi dengan orang  lain ,  berarti ia mempunyai  kepribadian yang menarik dan menyenangkan bagi orang lain. Senyum dapat  meredam kemarahan. Senyuman seseorang dapat meluluhkan emosi  orang yang sedang marah. Bila ada yang marah mendatangi  kita , hadapilah dengan senyuman yang  tulus ,  karena senyum semacam ini  bakal  mampu meredam emosi  orang yang marah.


Menjadi lawan bicara yang menyenangkan

Memang , menjadi lawan atau sahabat bicara bukan sekedar bisa berbicara dan mendengarkan lawan bicara saja. Jika anda salah menanggapi , bisa jadi lawan bicara anda bukannya suka tapi malah sebal. Apalagi kalau tanggapan anda terkesan sok tahu dan menggurui. Begitu juga kalau anda cuma mendengarkan dan mengangguk-angguk tanpa sepatah katapun. Sikap ibarat ini mengesankan anda sama sekali bukanlah sahabat bicara yang mengasyikkan.


Kenali gaya lawan bicara

Mana mungkin anda bisa menjadi sahabat bicara yang menyenangkan bila anda tidak mengenal siapa yang anda ajak bicara? Seandainya belum mengenal , tentu tidak ada salahnya bila anda minta kenalan lebih dulu. 

Ingat , jangan hingga melupakan nama sahabat bicara anda. Sebab , dengan disebut namanya , seseorang akan merasa lebih dihargai. Sebaliknya , kalau anda lupa namanya , ia merasa bahwa anda tidak antusias dengannya. Dia pun akan menganggap anda tidak menghargainya.


Beri kesempatan lawan bicara

Selama ini banyak yang tanpa sadar mendominasi pembicaraan hingga melupakan eksistensi lawan bicara. Hingga anda terkesan memonopoli pembicaraan. Akibatnya , sahabat bicara cuma dijadikan sebagai pendengar pasif. Kecenderungan ini bisa terjadi bila terlalu banyak yang hendak anda ungkapkan. Akibatnya , arah pembicaraan pun jadi tak jelas. Maka , beri jeda sejenak setiap kali anda bicara , lalu berikan kesempatan lawan bicara untuk menanggapi. Interaksi semacam ini akan membuat lawan bicara merasa nyaman dan dihargai.


Sesuaikan diri dengan lawan bicara

Dalam hidup ini , tentu anda telah berbicara dengan banyak orang dari aneka macam latar belakang budaya , usia , tingkat ekonomi , pendidikan , dan sebagainya. Konsekuensinya , tiap pembicaraan memiliki ciri dan kepekaan tersendiri. Tentu saja anda harus bisa membedakan dikala berbicara dengan bos atau dengan office boy. Perhatikan pilihan kata yang mungkin tidak dimengerti lawan bicara. Jangan menggunakan istilah teknis atau yang terlalu ilmiah kalau anda berbicara dengan mereka yang memang tidak memahami 'bahasa susah'. Ingat , semakin banyak kata-kata anda yang tidak dimengerti , lawan bicara semakin tidak nyaman bicara dengan anda.


Menjadi pribadi yang bersyukur

Hargailah setiap nikmat yang kau dapatkan. Dimulai dari hal kecil , ibarat setelah kita bangkit tidur , seringkali kita lupa akan nikmat yang kita dapatkan dari tidur yang telah memulihkan stamina kita , dari hembusan napas yang masih bisa kita hirup ketika kita terbangun. Saat kita makan , hargailah makananmu , bersyukurlah karna kita masih bisa makan dengan mudah. Hargailah pekerjaanmu. Walaupun mungkin gaji kau kecil untuk dikala ini , tetapi syukurilah bahwa setidaknya kau mempunyai pekerjaan , dan dengan selalu bersyukur kau jadi lebih mencintai pekerjaanmu dan balasannya kau menjadi karyawan terpilih dan jabatanmu naik gajipun menjadi bertambah besar.

Tetapi , bagaimana kalau kita sulit menerapkan contoh-contoh di atas pada diri kita? Untuk itu , pribadi saja kita kepada poin terakhir. Ingatlah selalu bahwa masih banyak yang lebih susah daripada kita

Ketika kau mengeluh akan makananmu , ingatlah bahwa orang lain justru masih ada yang mencari makanan dari tong sampah. Ketika kau mengeluh gaji yang kau anggap kecil , ingatlah orang lain justru mendambakan pekerjaanmu , dan masih banyak pengangguran yang berusaha keras mencari pekerjaan tanpa selalu mengeluh.

Ketika kau kesal kepada orang tuamu karena tidak memenuhi keinginanmu sehingga kamupun marah , ingatlah yang lain justru tidak bisa bersekolah karena orang tuanya tidak mampu. Penting bagi kau untuk selalu di ingat bahwa orang renta selalu ingin yang terbaik untuk anaknya , dan ketika kita dewasa orang renta selalu memperlihatkan apa yang kita inginkan dengat raut muka yang berseri tanpa rasa kesal.

Ketika kau mengeluh karena istri tidak pandai memasak , ingatlah bahwa masih banyak orang yang kesulitan untuk mempunyai istri.

Ketika kau mengeluh karena tidurmu tidak nyenyak , ingatlah bahwa diluar sana banyak orang yang sulit untuk mencari kawasan tidur dan kedinginan.

Ketika kau mengeluh karena harta dan kekayaanmu tidak sebanyak orang lain , ingatlah masih banyak orang yang tidak bisa tetapi mereka tidak mengeluh dan tetap mencintai keluargannya. Dan ingatlah selalu kita semua sama , ketika meningal kelak tidak akan membawa perbedaan (harta , kekayaan dan jabatan).


Percaya diri

Langkah pertama ialah anda harus mendapatkan kekurangan. Bahwa setiap orang memiliki kekurangannya masing-masing dan juga memiliki kelebihan masing-masing. Bukan hanya anda yang memiliki kekurangan , tetapi orang lainpun sama , termasuk orang yang anda kagumi , orang yang begitu jago prestasinya. 

Orang yang percaya diri juga sama , beliau punya kekurangan. Lalu kenapa anda tidak percaya diri ibarat mereka? Sama-sama memiliki kekurangan. Bedanya ialah cara menyikapi kekurangan tersebut. 

Kaprikornus , bagaimana cara biar percaya diri meskipun anda merasa banyak kekurangan ialah yakinlah , bahwa kekurangan anda tidak akan menghalangi keberhasilan anda. Yakinlah bahwa mereka yang sukses dan percaya diri juga punya kekurangan ibarat anda. 

Bagaimana cara menyikapi kekurangan diri biar kita bisa percaya diri? Banyak orang yang berusaha untuk menutupi kekurangannya. Ini bisa dilakukan , untuk kekurangan tertentu yang besar lengan berkuasa pribadi terhadap kepercayaan diri. Dan , kekurangan ini memang bisa diperbaiki. Seringkali , kita bahwasanya tidak perlu repot untuk memperbaiki kekurangan atau kelemahan kita , kita bisa fokus pada kelebihan kita dan menjadi juara pada kelebihan kita. Memang tidak semua kelemahan atau kekurangan bisa kita abaikan. Ada yang perlu kita perbaiki. Kita perlu bijak , memilih mana kekurangan atau kelemahan yang harus kita perbaiki dan mana yang tidak. Maksud yang ingin saya sampaikan ialah jangan hingga kita terus menerus menghabiskan waktu untuk memperbaiki semua kelemahan kita , sementara banyak hal yang harus kita lakukan malah kita abaikan.


Setia pada janji

Dalam kaidah konsekuen , kesepakatan ialah suatu bentuk hukum hukuman alam dari ucapan yang dimiliki oleh seseorang kepada orang lain yang dianggap pantas mendapatkan janji. Sehingga kesepakatan itu ialah suatu cara dimana orang dapat terfokus kepada suatu kegiatan atau benda yang akan diberikan kepada orang lain , namun tidak memikirkan bagaimana mereka melakukannya dengan benar. Hal inilah yang menjadi adegan terpenting dari kesepakatan , tindakan merupakan salah satu pelepas dari kesepakatan yang dimiliki terhadap semua hal yang telah direncanakan. Bahkan , kesepakatan akan memperlihatkan kebaikan dan kesenangan secara tidak pribadi bila orang melaksanakannya dengan sepenuh hati. Dalam hal ini kegiatan apapun yang dilakukan insan didunia ini tidak akan lepas dari kesepakatan yang telah dibuat semenjak mereka lahir. Hutang nyawa terhadap orang tuanya yang telah membesarkannya ialah kesepakatan yang mungkin hanya bisa dibayar dengan pengorbanan anak kepada orang tuannya. Hal inilah yang menjadi ciri khas dari kesepakatan semenjak mereka lahir. Jika anda kesulitan untuk mengingat kesepakatan apa yang pernah anda buat , maka setelah anda merasa memiliki kesepakatan atau hutang kepada orang lain , maka segeralah untuk membuat daftar janji. Hal ini ialah cara yang sempurna untuk menimbulkan anda tetap rutin mengingat. Buatlah goresan pena yang berisikan kesepakatan anda atau hutang-hutang anda kepada seseorang.


Menjadi pribadi yang jujur

Kejujuran ialah modal yang paling utama untuk mendapatkan kepercayaan dari orang lain.  Tidak hanya orang-orang baik saja yang menyukai orang-orang jujur , orang-orang jahat pun juga menyukai orang-orang jujur dan membenci orang-orang yang tidak jujur yang tidak bisa dipercaya. Orang baik dan penjahat sama-sama suka kepada orang-orang baik. Dari kenyataan itulah kita bisa percaya bahwa jujur ialah salah satu sifat yang sangat disukai oleh banyak orang. Jika kita sudah terbiasa berbohong , maka kita harus menghentikan kebohongan demi kebohongan yang terucap dari pengecap kita. Upayakan sekuat tenaga dan sekuat jiwa untuk tidak mengatakan hal-hal bohong lagi mulai dikala ini. Apabila secara tidak sengaja kita mengeluarkan suatu kebohongan , maka segera ralat ucapan kita kepada orang itu secara baik-baik tanpa harus menyinggung perasaan orang tersebut. Lebih baik kita membisu atau mengatakan bahwa hal itu ialah diam-diam daripada kita berbohong. Atau kita bisa sambil bercanda mengucapkan "Ada Deh , Mau Tau Aja!" kepada orang yang menanyakan sesuatu hal yang tidak ingin kita jawab.

Image Credit
Positif tanpa syarat

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari , ada banyak kejadian yang bisa kita alami. Ada peristiwa di mana kita dibuat bahagia , bersedih , tertawa , hingga menangis. Semua kejadian yang kita alami memang takkan pernah bisa kita elakkan , karena kita hanya pelaku dan Sang Pencipta lah yang mengatur segalanya. Untuk itu , bukanlah duduk perkara yang perlu kita hindari , namun bagaimana kita bisa mengatur pola pikir kita dalam menghadapi duduk perkara tersebut. Lingkungan dan semua pengalaman dalam hidup ialah hasil dari ajaran dan kebiasaan dominan. Pikiran dapat memberitahu kita wacana sesuatu (masalah) yang perlu perhatian. Kaprikornus , pikiran menyebabkan menemukan apa yang perlu dilakukan , entah itu dengan cara berpikir secara positif atau negatif untuk mengurusnya. Banyak orang gagal untuk melihat kejadian buruk sebagai pengalaman mencar ilmu dan selalu merasa menjadi korban kekejaman dunia , balasannya menyalahkan orang lain atas apa yang mereka alami. Masukkan selalu hawa positif di dalam diri Gunakan Hukum Attraction Activity dalam menanggapi duduk perkara yang menimpa kita.Orang yang berpikir negatif senantiasa berusaha untuk menghindari masalah. 

Padahal , duduk perkara yang tidak terselesaikan lama-lama akan semakin menumpuk dan semakin memburuk. Yang pada balasannya akan membuat kita terjerembab dalam duduk perkara sendiri. Namun dengan berpikir positif , maka kita akan lebih pro-aktif dalam bertindak dan mengatasi semua duduk perkara yang ada. Aktif melaksanakan kegiatan yang positif. Lingkungan dapat mensugesti cara kita dalam berpikir , cepat atau lambat lingkungan dapat berperan untuk membentuk pola pikir kita. 

Karena itu cerdiklah memilih lingkungan dalam melaksanakan segala aktivitas. Begitupun untuk sebuah hobi , misalnya bagi yang suka menonton film. Usahakan tidak terlalu sering menonton film yang bertema kesedihan , karena disadari atau tidak bahwa apa yang kita tonton kadang bisa menjadi sebuah inspirasi. Koleksilah bacaan penyemangat atau kalimat motivasi yang bisa kita baca sewaktu-waktu , biar di dikala merasa down bisa dibaca kembali sehinga kita kembali optimis. 

Fokuskan imajinasi dan berupaya untuk menjadi orang positif baru. Kita tidak bisa selalu mengendalikan hal-hal yang terjadi dalam hidup kita , tetapi kita bisa berusaha mengendalikan apa yang kita pikirkan dalam pikiran kita dalam merespon apapun yang kita alami. Orang yang selalu berpikir positif akan terlihat lebih damai dalam menghadapi permasalahan. Bayangkan bahwa kita sudah menjadi orang yang positif dan sangat mencintai hidup. Kebahagiaan itu terletak pada pikiran yang kemudian bisa kita rasakan. Jika kita berpikir hidup yang kita lalui ini menyenangkan , maka kebanyakan waktu yang kita lalui pun akan terasa menyenangkan. Namun sebaliknya , kalau kita berpikir "Hidupku menyebalkan!" , maka kebanyakan waktu yang kita lalui juga terasa buruk.