Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Peralatan yang Dibutuhkan dalam Usaha Cuci Kendaraan

Cara Menjadi Kaya | Setiap urusan ekonomi pasti memiliki peralatan tertentu untuk supaya bisnisnya mampu berjalan dengan baik. Begitu pula halnya dengan perjuangan basuh kendaraan. Perbedaannya terletak pada berapa banyak peralatan yang dibutuhkan dan harga dari peralatan tersebut. Selain itu , jumlah peralatan yang dibutuhkan serta kawasan pembelian peralatan pun tentu berbeda. Seberapa besar lingkup perjuangan juga turut menghipnotis jenis peralatan yang akan digunakan.

Meskipun kedengarannya sederhana , yaitu mencuci , sebetulnya cukup banyak hal yang perlu Anda persiapkan. Mulai dari peralatan utama hingga peralatan pendukung. Umumnya , peralatan pendukung sering terlupakan sebab kecil atau fungsinya tidak terlalu penting. Agar tidak melupakan peralatan yang dibutuhkan untuk perjuangan servis Anda , buatlah catatan khusus untuk mengingatkan peralatan apa yang perlu dibeli. Berikut ini terdapat banyak sekali jenis peralatan yang dibutuhkan. 


Tabung salju

Apakah Anda sering melihat spanduk perihal basuh snow wash atau basuh salju? Nah , mereka menggunakan alat khusus yang berjulukan tabung salju dalam pengoperasiannya. Dari namanya sudah kelihatan , yaitu salju. Makara , tabung ini menghasilkan banyak busa dalam proses mencuci kendaraan. Hampir semua perjuangan basuh kendaraan sekarang menggunakan metode ini. Anda wajib memiliki tabung yang satu ini untuk mendukung operasional perjuangan basuh kendaraan.

Pelanggan akan menganggap bahwa kendaraan lebih bersih daripada dicuci biasa sebab mereka melihat banyaknya sabun yang dihasilkan dari alat tersebut. Jika modal Anda minim , Anda mampu membeli tabung ini dengan cara mencicil. Harga tabung dimulai dari Rp. 500.000 saja. Alat ini pun tidak menggunakan listrik dalam penggunannya. Tabung salju hanya perlu menggunakan angin yang dapat disuplai dari kompresor. 


Kompresor

Kompresor ini merupakan hal wajib yang harus dimiliki dari perjuangan basuh kendaraan. Fungsi kompresor cukup banyak dan bervariasi. Fungsi kompresor yang pertama ialah untuk menggerakkan hidrolik. Hidrolik membutuhkan angin supaya mampu berfungsi dengan baik. Hidrolik ini dapat menghasilkan busa salju yang berkhasiat untuk pencucian kendaraan.

Kedua , kompresor dapat digunakan untuk air gun. Air gun ialah untuk mengeringkan episode yang tidak dapat terjangkau oleh lap biasa. Makara , kendaraan beroda empat pelanggan mampu menjadi lebih bersih dengan menggunakan kompresor. Ketiga , kompresor juga dapat digunakan untuk mengisi angin di dalam ban. Anda wajib mempunyai kompresor supaya urusan ekonomi Anda berjalan dengan lancar. Siapkan budget kurang lebih Rp 900.000 untuk membeli sebuah kompresor.


Mesin steam air / pressure air

Mesin ini berfungsi untuk mengatur tekanan air dikala air disemprotkan ke kendaraan. Dengan menggunakan mesin ini , Anda mampu membersihkan kotoran-kotoran yang melekat dengan mudah. Tidak hanya itu , dikala membersihkan episode yang rapuh dan mudah pecah menyerupai baut-baut kecil dan lain sebagainya , mesin ini mampu mengatur supaya tekanan yang diberikan tidak terlalu kuat. Sehingga , kendaraan pelanggan pun akan terhindar dari segala kerusakan. Harga dari mesin steam air ini sekitar Rp 750.000.


Vacuum cleaner

Peralatan yang satu ini bahu-membahu tidak Anda butuhkan di proses pencucian kendaraan. Anda membutuhkan peralatan ini kalau servis basuh kendaraan termasuk membersihkan episode dalam dari kendaraan beroda empat pelanggan. Vacuum cleaner dapat memersihkan karpet , jok , serta sela-sela dari dalam kendaraan beroda empat dengan bersih. Debu-debu akan terangkat secara menyeluruh dengan menggunakan alat satu ini.

Sekarang , banyak sekali banyak sekali merek vacuum cleaner yang beredar serta harga yang diberikan pun bervariasi. Anda tinggal menyesuikan dengan kebutuhan saja sebelum memutuskan mau membeli tipe apa. Belilah vacuum cleaner yang berkualitas supaya tidak cepat rusak dan performa atau hasil yang diberikan juga bagus. Jangan membeli yang terlalu murah sebab tidak akan membersihkan debu secara menyeluruh.


Shampoo

Shampoo yang dimaksud disini bukanlah shampoo untuk rambut. Terdapat shampoo khusus kendaraan yang biasa dipakai oleh perjuangan basuh kendaraan. Shampoo ini wajib dimiliki oleh semua jenis perjuangan basuh kendaraan mulai dari yang kecil hingga besar. Fungsi shampoo ini tentu untuk membersihkan noda-noda membandel yang tidak mampu hilang dengan air biasa. Harganya pun murah , yaitu enam ribu saja per liternya. Makara , jangan hingga Anda tidak memiliki shampoo cuci.


Semir ban

Peralatan ini juga tidak dibutuhkan dalam proses mencuci. Anda memerlukannya di final proses pencucian supaya kendaraan pelanggan semakin terlihat cantik. Makara , alat ini tidak wajib Anda miliki , namun alangkah bagusnya kalau ada. Fungsi dari semir ban ialah untuk membuat ban kendaraan pelanggan lebih mengkilap dan terlihat menyerupai baru. Harganya cukup terjangkau , yaitu Rp. 20.000 per liter.


Mesin hidrolik

Jika mempunyai modal berlebih serta perjuangan basuh kendaraan Anda sudah berjalan dengan lancar serta menawarkan omset yang bagus , tidak ada salahnya mempunyai mesin hidrolik. Mesin hidrolik cukup mahal dan mungkin tidak dimiliki oleh perjuangan basuh kendaraan yang masih berskala kecil. Harga mesin ini kurang lebih 5 juta rupiah. Daripada hanya membeli mesin hidrolik saja , Anda juga mampu membeli paket pencucian komplit dengan harga yang kurang lebih sama. Anda akan menerima hidrolik serta peralatan pendukung lainnya.

Fungsi hidrolik ialah untuk menangkat kendaraan pelanggan. Jika kendaraan diangkat , tentu Anda mampu membersihkan episode bawah dari kendaran tersebut dengan mudah. Makara , kendaraan pelanggan akan bersih secara kesuluruhan dan mesinnya pun ikut terawat. Rajinlah menabung untuk membeli mesin ini supaya pelanggan semakin menempel pada urusan ekonomi basuh kendaraan Anda.


Selang
Ini ialah hal terdasar yang harus dimiliki dikala memulai perjuangan basuh kendaraan. Fungsi selang ialah untuk mempermudah proses pencucian kendaraan beroda empat dan mampu dipindahkan dengan mudah. Selang pun dapat ditemukan di pasar tradisional maupun supermarket. Harganya juga sangat terjangkau , mulai dari Rp.30.000. Jika betul-betul tidak memiliki modal , Anda mampu membuat selang sendiri dengan menggabungkan beberapa peralatan bekas menyerupai plastik dan pipa panjang.


Lap

Setelah kendaraan dicuci , tentu perlu alat untuk mengeringkan kendaraan tersebut. Jika Anda tidak punya mesin pengering dan tidak ada modal untuk membelinya , lap mampu menggantikannya. Meskipun Anda harus mengeluarkan tenaga lebih banyak kalau menggunakan lap , namun lap memiliki harga yang sangat murah , dengan uang Rp 10.000 saja sudah mampu menerima lap. Belilah lap yang bagus serta tidak mudah sobek supaya tidak perlu berulang kali membeli lap.

Jika Anda merasa bahwa terlalu banyak peralatan yang harus dibeli dan tidak memiliki modal , jangan khawatir. Anda mampu memulai urusan ekonomi perjuangan basuh kendaraan yang biasa saja , contohnya hanya mencuci dengan menggunakan air dan sabun. Setelah itu , perlahan Anda dapat membeli satu per satu peralatan yang dibutuhkan. Tidak mempunyai mesin bukan berarti tidak mampu berbisnis.