Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

[INFOGRAFIS] Peluang Bisnis Paling Prospektif di Tahun 2015

Cara Menjadi Kaya | Pernah gak menonton serial program televisi nasional di Indonesia “Bosan Kaprikornus Pegawai”? Acara ini tampaknya mengajak kita untuk berani menginggalkan zona nyaman sebagai pegawai , kemudian beralih menjadi pengusaha. Memang , menjadi pegawai tampaknya masih menjadi pekerjaan yang memiliki banyak peminat.

Tetapi , menjadi seorang pegawai memiliki banyak kekurangan. Ketika kita memilih menjadi seorang pegawai , kita harus siap mengalami keterikatan waktu kerja. Karena pasti , jam kerja ditentukan oleh perusahaan , masuk jam tujuh pulang jam lima sore , misalnya. Selain itu , kita tidak dapat menentukan sendiri income atau penghasilan yang ingin kita dapatkan. Kekurangan lain bila menjadi pegawai yaitu jenjang karir terbatas , terikat aturan pekerjaan , dan bekerja di bawah tekanan orang lain atau atasan.

Kekurangan-kekurangan di atas yang jadinya memotivasi banyak orang untuk kemudian beralih menjadi seorang pengusaha. Menjadi pengusaha bisa menjadi pilihan apabila kita tidak suka bekerja di bawah tekanan , maupun ketika kita ingin memiliki penghasilan yang lebih luas.

Tetapi , ketika ini , memiliki sebuah perjuangan juga tidak mudah. Untuk itu , kita perlu mempersiapkan hal-hal yang sekiraya penting dalam membuka sebuah usaha. Pertimbangan-pertimbangan mengenai prospek dan  persaingan yaitu salah satu hal yang wajib kita tahu sebelumnya.

Peluang urusan ekonomi merupakan kemampuan seseorang atau pebisnis untuk melihat adanya kesempatan berbisnis dari lingkungan sekitarnya. Dengan melihat peluang urusan ekonomi yang akan kita jalani , kita mendapat gambaran mengenai prospek urusan ekonomi kita ke depannya.

Beberapa peluang urusan ekonomi prospektif di tahun 2015 yang sangat prospektif diantaranya yaitu :

Hijab dan Fashion

Hijab Dian Pelangi - zilliun.com

Peluang

Prospek urusan ekonomi fashion untuk tahun 2015 masih sangat menjanjikan , alasannya yaitu pada dasarnya insan itu tidak terlepas dari industri fashion , apalagi wanita. Wanita kan lebih cenderung belanja lebih banyak dan fashionable. Kalau pria hanya beberapa kali membeli pakaian , tapi wanita akan selalu mengikuti tren. Dan yang kami harapkan para wanita tetap belanja produk Indonesia. Dunia gaya hidup selalu berkembang , selama orang butuh pakaian demi menunjang gaya hidup.

Tetapi , walaupun urusan ekonomi fashion memiliki pangsa pasar yang amat luas , tetapi adanya persaingan dalam urusan ekonomi ini merupakan hal yang bisa dianggap enteng. Perlu adanya pemahaman cara semoga kita bisa menghadapi persaingan perjuangan  di bidang fashion ini. Seperti melaksanakan inovasi produk , memperlihatkan harga yang bersaing dan masuk logika , melaksanakan pendekatan dan pelayanan yang unik dan mengesankan konsumen.

Persaingan

Persaingan menjadi salah satu bab yang tidak dapat dipisahkan dalam acara urusan ekonomi , begitupun dengan urusan ekonomi fashion yang tentunya akan memunculkan pesaing-pesaing yang sama andalnya. Namun , kita harus tetap optimis untuk terus maju dalam menyebarkan urusan ekonomi fashion dan tetaplah pada tujuan utama kita yakni memuaskan konsumen. Caranya yaitu dengan memperhatikan harapan konsumen , melaksanakan riset perkembangan mode terkini , melaksanakan banyak sekali inovasi , dan meningkatkan kualitas produk.


Kosmetik
Produk kecantikan - creamwajahalami.com

Peluang

Industri kosmetik dan produk herbal merupakan industri yang berprospek cerah. Penggunaan produk yang dahulu hanya sebagai kebutuhan sekunder kini berubah menjadi kebutuhan primer , terutama bagi perempuan. Apalagi , ditambah dengan menyebarnya tren masyarakat bahwa penggunaan materi baku alami dalam pembuatan kosmeetik yang semakin meningkat. Inilah yang akan membuka peluang dan kreativitas industri kosmetik di dalam negeri.

Bahkan , Kementerian Perindustrian mencatat , pada tahun 2011 , omzet kosmetik nasional mencapai Rp 7 triliun , sedangkan produk herbal nasional mencapai Rp 11 triliun.  Merk kosmetika yang amat terkenal , Martha Tilaar , pendiri Martha Tilaar Group , pernah berkata kalau sekarang ini merk nya gres menyebarkan pembuatan kosmetik dari sekitar 700 spesies tanaman.

Padahal , Indonesia memiliki sekitar 30.000 spesies tanaman obat dan kosmetik serta aromatik. Hal ini merupakan salah satu peluang yang bisa kita manfaatkan ketika ingin berkontribusi dalam urusan ekonomi kosmetika ini.


Persaingan

Kedepannya , tantangan yang dihadapi pebisnis kosmetika nasional terperinci semakin berat , alasannya yaitu persaingan akan terus menerus meningkat , baik yang datang dari produk kosmetik dalam maupun luar negeri. Menurut data per Mei 2011 ,  jumlah produk kosmetika di Indonesia mencapai 112.545 item.

Dari jumlah itu sebanyak 1.470 item merupakan produk lokal perusahaan industri , 4.139 item produk lokal UKM , dan terbanyak 5.317 item produk impor. Hal ini menyiratkan bahwa jumlah kosmetik impor di Indonesia sangat tinggi. Untuk itu industri kosmetik dalam negeri perlu meningkatkan daya saing menghadapi arus globalisasi di bidang kosmetik.


Perlengkapan bayi

Perlengkapan bayi - klikbayi.wanitaterkini.com

Peluang

Bisnis ke empat , yaitu urusan ekonomi perlengkapan bayi. Yup , urusan ekonomi ini merupakan salah satu urusan ekonomi yang tergolong sangat prospektif. Kenapa? Karena , urusan ekonomi perlengkapan bayi erat kaitannya dengan kelahiran bayi. Selama masih ada bayi , urusan ekonomi ini masih memiliki prospek yang baik. Apalagi Indonesia masih tergolong sebagai negara dengan penduduk terbesar.

Selain itu , bayi masih akan membutuhkan perlengkapan yang merupakan kebutuhan harian yang wajib untuk tumbuh kembangnya hingga usia 5 tahun. Serta produk perlengkapan bayi akan tahan lama kalau disimpan serta tidak mudah rusak. Dan yang terakhir mengapa urusan ekonomi perlengkapan bayi sangat prospektif yaitu alasannya yaitu target market urusan ekonomi perlengkapan bayi sangat luas , tak mengenal batasan status sosial , mulai dari kalangan ekonomi bawah , menengah , maupun kalangan atas.

Persaingan

Tetapi , urusan ekonomi jenis ini juga memiliki persaingan yang amat ketat , apalagi dengan masuknya produk China yang mendominasi pasaran ,  dan kembali lagi , kita sebagai calon pelaku urusan ekonomi harus pintar-pintar mensiasatinya.


Asesoris pelindung motor



Peluang

Motor masih menjadi moda transportasi sejuta umat di Indonesia. Penggunaan motor sudah selayaknya memperhatikan beberapa hal menyerupai keamanan berkendara dan hak-kewajiban kendaraan itu sendiri. Untuk membuat kendaraan kita terfasilitasi dengan baik , diharapkan setidaknya instrumen tambahan. Salah satu instrumen yang sering terabaikan yaitu pelindung motor atau yang sering disebut dengan cover motor.

Persaingan

Nah , urusan ekonomi cover motor inilah yang nantinya dapat dijadikan lahan  bisnis yang empuk. Selain alasannya yaitu pasarnya masih sangat besar , persaingan di urusan ekonomi ini masih sangat kecil. Salah satu merk produk cover motor yaitu Cover Super.

Apa kelebihan Cover Super dibanding merk cover motor yang lain? Cover Super menggunakan materi kualitas terbaik yang lebih tebal , lebih berpengaruh , dan lebih  rapat serat kainnya. Merupakan Cover Motor legendaris yang menjadi rekomendasi para bikers. Mantel motor ini tidak meleleh terkena knalpot , bisa dicuci , bisa di setrika , berpengaruh (tidak mudah robek) , dan sangat kekal (pemakaian normal hingga 2 tahun!).

Cover Super diproduksi pabrik profesional dengan standard kualitas eksport eropa. Inilah pilihan cerdas bagi Anda yang berpikir panjang (dibanding membeli produk biasa namun rusak setiap bulan).
Desain Cover Super yaitu desain cover motor paling stylish dan elegan dibanding yang lain.

Dengan ukuran yang bodyfit , elastic anti terbang , serta space spion yang sporty , bikin tampilan motor Anda 10 x lebih mewah. Cover Super sangatlah mudah untuk digunakan. Tidak memerlukan banyak waktu anda sudah bisa melindungi motor anda dari warna yang luntur , pencurian , bubuk , dan motor anda akan menjadi motor yang paling colorfull di parkiran.



Oleh : Arditya Galih Fathurrohmah