Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Jenis Peralatan Fitness Serta Kegunaannya

Cara Menjadi Kaya |

Tempat fitness sudah banyak ditemukan pada apartemen , hotel , maupun di kawasan umum lainnya. Jenis alat fitness cukup beragam serta fungsinya pun berbeda-beda. Bagi Anda yang memiliki perjuangan fitness , ada baiknya Anda mengerti jenis serta fungsi dari alat fitness yang akan disediakan untuk para pelanggan. Makara , Anda tidak akan salah dalam memilih serta membeli peralatan fitness tersebut.

Hal menguntungkan lainnya jikalau mengetahui alat-alat fitness dengan baik ialah dalam pelayanan pelanggan. Anda dapat merekomendasikan alat-alat yang sempurna untuk digunakan oleh pelanggan sesuai dengan tujuan mereka dalam melaksanakan fitness. Pelanggan juga akan mengerti terhadap masing-masing alat fitness sehingga mereka tidak merasa resah ketika menggunakannya. Berikut ini jenis-jenis peralatan fitness yang biasa digunakan serta kegunaannya.


Chest press machine

Alat ini umumnya digunakan untuk melatih otot dada , terutama pada bab tengah. Selain itu , alat ini juga dapat melatih lengan belakang atau trisep semoga tetap kencang dan tidak kendur. Untuk menggunakan alat ini , pelanggan perlu duduk pada dingklik yang tersedia di chest press machine. Setelah itu , kedua telapak kaki diletakkan pada lantai. Kemudian , duduklah dengan tegak hingga punggung menempel seluruhnya pada bangku.

Setelah posisi duduk sudah benar , peganglah mesin dengan kedua tangan yang lurus di depan dada serta siku yang membentuk sudut siku-siku dengan bahu. Ketika mengangkat beban , posisi siku jangan hingga berubah , tetap sejajar namun sedikit lebih rendah. Terakhir , ketika mengangkat beban , tahanlah nafas , kemudian hembuskan kembali ketika melepas alat.


Sitting calf

Alat ini digunakan untuk melatih otot-otot kaki. Pertama , pelanggan bisa memilih beban yang sesuai. Kemudian sesuaikan tinggi kawasan duduk semoga posisi nyaman serta pas. Tarik tuas yang ada semoga pas terletak dibawah paha. Kemudian , cengkeramlah alat tersebut menyerupai ketika naik sepeda motor. Lalu , angkatlah tumit untuk melaksanakan olahraga ini.


Leg extension

Alat ini juga dipakai untuk melatih otot-otot paha. Bagian yang akan dibentuk terutama ialah otot paha bab depan yang terletak di atas lutut. Untuk menggunakan alat ini , duduk dengan tegak hingga tidak terdapat celah pada kursi yang tersedia. Kaitkan kaki pada bab belakang bantal. Kemudian , tangan memegang kedua handle yang berada disamping kursi. Naikkanlah kaki setinggi mungkin sambil menahan napas , tahan sebentar , lalu lepaskan.


Vertical row

Untuk menggunakan alat ini , pelanggan bisa memilih posisi sambil duduk maupun berdiri. Fungsi dari vertical row ialah untuk melatih bab punggung. Bagian depan tubuh pun juga ikut terlatih alasannya gerakan yang dihasilkan berupa kegiatan mendayung. Sama halnya dengan peralatan lain , vertical row bisa diadaptasi bebannya sesuai dengan kemampuan pelanggan.


Pectoral

Fungsi dari pectoral ialah untuk mengencangkan otot pada perut serta pada dada. Pelanggan dapat memilih beban yang diinginkan. Kemudian , sesuaikan posisi kursi sehingga lengan berada 90 derajat di belakang bantal. Setelah posisi nyaman , tariklah alat tersebut dengan posisi kepala menempel pada kursi , lalu lepaskan.


Lat match

Duduklah pada alat ini dengan nyaman serta tempelkan bab paha bawah dengan ganjal yang tersedia. Setelah itu , tarik kafetaria yang nampak menyerupai katrol ke arah bawah. Meskipun terlihat mudah , banyak tenaga yang dikeluarkan untuk menarik alat tersebut. Tujuannya ialah melatih otot bisep serta bab otot lainnya.


Abdominal crunch

Alat ini untuk melatih otot perut , terutama dibagian depan. Aturlah posisi duduk hingga bantal terletak persis dibawah pantat. Jangan lupa bab bawah paha harus menempel atau didukung secara keseluruhan oleh kursi. Setelah itu , angkatlah tubuh Anda menyerupai melaksanakan sit-up. Selama latihan , jangan hingga posisi tubuh Anda terlepas dari ganjal kursi. Tetaplah menempel pada ganjal tersebut.


Shoulder press 

Dari namanya , sudah bisa ditebak bahwa fungsi dari mesin ini ialah untuk melatih otot pundak bab depan serta samping. Selain itu , bonus perhiasan dari alat ini ialah sekalian untuk melatih otot leher serta lengan belakang semoga tetap kencang dan tidak kendur. Untuk mencapai hasil yang maksimal , latihan ini dapat didukung oleh dumbbell ataupun barbell. Jangan lupa posisi lengan harus selalu sejajar dalam melaksanakan gerakan shoulder press.


Standing leg curl

Alat ini digunakan untuk melatih bab otot yang terletak di paha depan serta belakang. Pertama , berdirilah di standing leg curl , kemudian peganglah handle yang disediakan. Posisi ganjal harus berada di kaki bab belakang. Setelah itu , tempelkan tubuh pada ganjal yang ada dengan posisi tegak. Angkatlah beban di bab kaki yang satu sementara kaki yang lain diam. Kemudian , ulangi gerakan pada kaki yang lainnya.


Leg press horizontal 

Alat ini dikhususkan untuk melatih otot paha. Bersandarlah pada mesin dengan posisi kaki lurus dan sejajar atau selebar bahu. Pegang handle yang tersedia di samping kursi dengan posisi punggung , pundak , menempel di bantalan. Posisi kaki menyerupai orang jongkok sehingga paha akan melayan diudara. Doronglah beban sejauh kemampuan. Hentikan proses olahraga ini jikalau pinggang terasa sakit atau terangkat dari kawasan duduk.


Sepeda statis

Alat ini sama menyerupai sepeda , namun bedanya alat ini tidak bergerak atau membisu di tempat. Penggunannya pun sangat mudah serta banyak diketahui oleh pelanggan. Bagi pelanggan yang gres fitness , tentu saja akan banyak menggunakan peralatan ini alasannya sudah dikenal. Dengan menggunakan alat ini , terdapat banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh alasannya alat ini merupakan salah satu kardio yang baik.

Sepeda statis dapat membuat jantung lebih sehat alasannya ketika mengayuh sepeda jantung akan bekerja lebih cepat sehingga sirkulasi darah akan lebih lancar. Selain itu , sepeda statis tentu akan memperabukan kalori dalam tubuh dan dapat mengurangi obesitas. Kaki pelanggan juga akan menjadi lebih besar lengan berkuasa serta terhindar dari cidera alasannya terus dilatih. Keseimbangan serta stabilitas tubuh juga ikut terjaga dengan menggunakan alat ini.


Bench press

Alat ini cukup popular untuk membentuk tubuh bab atas. Banyak pelanggan yang akan mencari alat ini alasannya sudah terbukti risikonya serta mudah dalam penggunaannya. Otot yang dibentuk ialah dibagian pundak , dada , serta trisep secara bersamaan. Selain itu , alat ini dapat meningkatkan keseimbangan pundak ketika beraktivitas alasannya persendian pundak ikut dilatih ketika menggunakan alat ini. Tulang bab belakang pun ikut menjadi besar lengan berkuasa dan tubuh menjadi lebih sehat.


Treadmill

Ini merupakan alat yang paling favorit dalam kawasan fitness. Selain penggunannya yang mudah , alat ini berfungsi banyak. Treadmill bisa digunakan untuk memperabukan lemak yang ada dalam tubuh dengan cara berjalan sempurna maupun berlari. Tidak hanya itu , treadmill juga bisa digunakan sebagai pemanasan sebelum melaksanakan olahraga lainnya ataupun sebagai pendinginan. Terdapat pula alat treadmill yang bisa mendeteksi detak jantung serta jumlah jarak yang telah ditempuh untuk membantu mengontrol mode latihan.

Itulah tadi beberapa alat fitness dan kegunaannya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca khususnya bagi para pecinta fitness. Selamat mencoba!