Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mempromosikan Bisnis Dengan Anggaran Yang Minim

Cara Menjadi Kaya |

, Promosi merupakan salah satu faktor terpenting biar urusan ekonomi yang didirikan mampu berkembang dengan cepat. 

Namun menyerupai yang diketahui untuk melaksanakan promosi memerlukan anggaran yang tidak sedikit , lalu bagaimana jikalau hanya memiliki anggaran yang terbatas namun tetap ingin mempromosikan urusan ekonomi kita. 

Jawabannya yaitu Anda tetap mampu mempromosikan urusan ekonomi yaitu dengan memanfaatkan media-media yang ada disekitar kita. 

Berikut yaitu cara-cara yang mampu Anda gunakan untuk melaksanakan promosi dengan menggunakan anggaran yang minim.

Menggunakan Media Online

1. Buat Fanpage Facebook + FB Ads

Jika Anda memiliki jumlah sobat yang cukup banyak maka Anda mampu pribadi mempromosikan Fanpage di akun Facebook  yang Anda miliki. 

Namun jikalau Anda memiliki jumlah sobat yang sedikit maka Anda mampu menggunakan cara lain yaitu dengan meminta teman-teman Anda untuk mempromosikan Fanpage Anda di akun Facebook miliki mereka , biar terlihat lebih profesional maka Anda mampu menyampaikan imbalan kepada mereka jikalau berkenan untuk mempromosikan Fanpage Anda menyerupai membelikan kuota ataupun pulsa dsb , dengan catatan sobat Anda tersebut memiliki sobat Facebook sekitar 3000-an atau lebih , dengan begitu maka Fanpage Anda pun akan segera dikenal banyak orang , setelah itu Anda mampu memperlihatkan produk atau pun jasa di akun Fanpage.

2. Twitter + Instagram

Anda buat terlebih dahulu akun Twitter/Instagram khusus untuk urusan ekonomi , setelah itu gunakan skenario menyerupai diatas yaitu meminta teman-teman Anda untuk mempromosikan akun Twitter/Instagram bisnis Anda di akun Twitter/Instagram mereka. 

Atau jikalau anggaran yang Anda miliki memungkinkan maka mampu beriklan di akun Twitter/Instagram yang telah memiliki jumlah followers yang banyak.

3. Membuat Website

Jika angaran Anda benar-benar terbatas Anda mampu membuat website gratisan dengan menggunakan Blogspot , Anda hanya perlu menyewa domain kurang lebih sekitar 100 ribu per tahun dan membeli template  untuk website yang sesuai dengan urusan ekonomi Anda biar website gratisan tersebut terlihat lebih profesional , secara keseluruhan Anda mungkin akan menghabiskan uang sekitar 250 ribuan. 

Namun jikalau memiliki anggaran yang cukup Anda mampu menyewa hosting sendiri , dengan menyewa hosting sendiri maka Anda benar-benar menguasai website yang Anda miliki sendiri tanpa terikat aturan apapun , menyewa hosting sendiri mungkin akan membutuhkan biaya sekitar 400-500 ribu per tahun untuk yang standar.

Setelah memiliki website sendiri , entah itu blogspot ataupun dengan menyewa hosting maka langkah selanjutnya yaitu mempromosikannya , alasannya tanpa mempromosikannya maka tidak akan ada yang mengetahui eksistensi website yang Anda dirikan tersebut. 

Cara untuk mempromosikannya yaitu dengan menggunakan skenario yang telah dijelaskan diatas.

4. Mendaftar di Google Places

Ketika menggunakan Google Maps , Anda mungkin pernah melihat terdapat ulasan tempat-tempat menyerupai restoran , bengkel , salon dsb. 

Anda pun mampu mendaftarkan urusan ekonomi Anda di Google Places , dengan begitu urusan ekonomi Anda akan terlihat di Google Maps saat orang lain sedang mencari lokasi di aplikasi tersebut.

5. Bergabung dengan komunitas online

Anda mampu bergabung dengan grup atau pun komunitas yang ada di internet khususnya di Facebook. Banyak grup atau pun komunitas di Facebook yang membahas aneka macam hal termasuk perihal urusan ekonomi , Anda mampu bergabung dan berpartisipasi di grup tersebut. 

Berperan aktif di grup dengan menyampaikan solusi atau pun info terkait dengan urusan ekonomi yang Anda jalankan akan membuat Anda lebih diperhatikan , dengan begitu kekerabatan pun akan terjalin dan Anda akan lebih mudah untuk menyebarkan bisnis.

Menggunakan Media Lokal

1. Surat Kabar

Anda mampu beriklan di surat kabar lokal. Mempromosikan urusan ekonomi dengan memanfaatkan iklan baris dengan begitu maka anggaran yang akan dikeluarkan tidak terlalu membengkak , jikalau memiliki anggaran yang lebih maka Anda mampu saja menggunakan akomodasi iklan yang bergambar.

2. Beriklan di Billboard

Beriklan di Billboard pada dasarnya membutuhkan anggaran yang tidak sedikit , namun anda mampu menggunakan cara lain yaitu dengan melobi pemiliki Billboard dengan membayar setengah harga dan akan meneruskan beriklan di Billboard tersebut jikalau urusan ekonomi yang Anda dirikan mengalami kemajuan. 

Agar seni administrasi ini berhasil Anda harus mencari Billboard yang jarang memiliki pengiklan , dan yang tidak kalah penting yaitu bagaimana Anda melobi pemiliki Billboard tersebut.

3. Beramal

Beramal atau pun mensponsori kegiatan-kegiatan kecil di tempat anda merupakan salah satu promosi yang cukup efektif. 

Anda mampu bisa memasang spanduk atau pun logo bisnis di acara yang Anda sponsori , dengan begitu setidaknya orang lain akan mengetahui urusan ekonomi Anda , bahkan tidak menutup kemungkinan urusan ekonomi Anda akan diliput media lokal jikalau Anda berkontribusi pada acara sosial.

Melalui Jaringan

1. Pelayanan terbaik

Dengan menyampaikan pelayanan terbaik maka pelanggan biasanya akan mempromosikan urusan ekonomi anda pada rekan-rekannya , dengan begitu seni administrasi promosi dari lisan ke lisan pun akan terbangun dan pada risikonya urusan ekonomi anda pun akan semakin dikenal oleh banyak orang.


2. Mengunjungi seminar

Dengan mengunjungi seminar maka Anda akan berpeluang besar untuk bertemu dengan pengusaha yang sudah sukses dan Anda mampu menggali ilmu dari mereka atau pun meminta untuk mempromosikan urusan ekonomi Anda. 

Selain bertemu dengan rekan urusan ekonomi anda pun berpeluang untuk bertemu dengan pelanggan potensial Anda.

Produk terbaik sekalipun akan sulit dikenal oleh masyarakat tanpa adanya promosi , maka dari itu penting bagi Anda untuk mempromosikan urusan ekonomi yang Anda bangkit biar lebih dikenal oleh masyarakat. 

Dengan anggaran yang minim Anda masih mampu melaksanakan promosi dengan menggunakan cara-cara yang telah dijelaskan diatas. Seperti pepatah mengatakan “Banyak jalan menuju Roma” , begitu pun untuk promosi “Banyak jalan untuk melaksanakan promosi”.