Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pelaku Utama Pasar Modal

Cara Menjadi Kaya |
pelaku pasar modal

Pelaku utama di pasar modal ialah pihak yang paling berperan dalam perdagangan surat beharga.

Sebenarnya , pelaku inti di pasar modal ialah investor dan emiten (perusahaan) , layaknya ibarat pembeli dan penjual.

Hanya saja , alasannya ialah di pasar modal pelaku inti tidak dapat melaksanakan transaksi secara langsung.

Mereka harus dibantu oleh tenaga profesional yang telah lulus ujian profesi dan dibuktikan dengan kepemilikan sertifikat.

Kaprikornus secara lengkap pelaku utama di pasar modal sendiri ialah sebagai berikut :
  • Emiten (Perusahaan)
  • Investor
  • Penjamin Emisi
  • Pialang
  • Manajer Investasi
  • Penasehat Investasi

Emiten

Emiten ialah perusahaan swasta atau negara (BUMN) yang mencari modal di bursa efek dengan cara menerbitkan efek (bisa saham , obligasi , right issue , atau efek lainnya).

Emiten memiliki peran yang sangat penting di pasar modal , alasannya ialah dari emiten inilah gres bisa muncul surat beharga yang dapat diperdagangkan di bursa efek.

Kaprikornus , emiten berperan dalam menerbitkan efek yang kemudian jual kepada investor guna untuk menerima modal.

Untuk bisa menerbitkan efek yang laku dijual , emiten harus mempunyai prestasi yang baik dan tidak cacat hukum tentunya. Oleh alasannya ialah itu , emiten perlu untuk menjamin efek yang diterbitkanya sah menurut hukum.

Karena emiten merupakan pihak yang menerbitkan efek. Kaprikornus , kebenaran dari isu efek pun juga menjadi tanggung jawab emiten bersangkutan.


Investor

Investor juga memiliki peran yang sangat peting dalam pasar modal.

Tanpa adanya investor , maka pasar modal tidak akan bisa melaksanakan kegiatan alasannya ialah tidak ada yang mendanainya. Hal ini sama persis layaknya ada suatu pasar tanpa pembeli.

Yang termasuk sebagai investor ialah individu atau organisasi yang membelanjakan uangnya di pasar modal.

Kaprikornus , pada prinsipnya , semua orang dapat menjadi investor baik ibu rumah tangga , pelajar , ataupun pengusaha.

Investor memiliki peran yang sangat signifikan di pasar modal. Sebab , tanpa adanya uang yang dibelanjakan investor di pasar modal , maka tidak akan ada transaksi perdagangan di bursa efek tentunya.

Dalam melaksanakan investasi (membelanjakan uang di pasar modal) , investor dapat meminta isu dari pihak yang berkepentingan ibarat emiten , penjamin emisi , bursa efek , atau perusahaan pialang.

Bahkan kalau memang diinginkan , investor bisa menerima nasehat dari pialang perantara investor akan melaksanakan transaksi.

Hanya saja , tentunya keputusan investasi tetap berada di tangan investor , dimana investor harus menanggung resiko terhadap keputusan yang dibuatnya.


Penjamin Emisi

Penjamin emisi atau yang dalam bahasa inggris disebut underwriter ialah perusahaan swasta atau negara (BUMN) yang menjadi penanggungjawab atas terjualnya efek emiten kepada investor di pasar perdana.

Kaprikornus , sebelum perusahaan go-public , biasanya emiten harus menunjuk penjamin emisi yang bertugas untuk menjual efek perusahaannya. Sedangkan , emiten hanya bertugas untuk menerbitkan efek.

Penjamin emisi akan menunjukkan pesan yang tersirat dan bernegosiasi dengan emiten dalam hal penetapan harga efek pada dikala penjualan perdana. Kaprikornus , tinggi rendahnya harga saham perdana yang akan dibeli investor bergantung kesepakatan antara penjamin emisi dan emiten.

Penjamin emisi juga bertanggung jawab atas terjualnya efek yang dijualnya di pasar perdana tersebut. Biasanya ada perjanjian antara emiten dengan penjamin emisi terkait besarnya jaminan.

Bila penjamin emisi menjamin penuh (full commitment) atas lakunya efek yang dijaminnya , maka penjamin emisi wajib untuk membeli sisa efek yang tidak terjual.

Sedangkan jikalau penjaminan dilakukan secara best effort (usaha terbaik) , maka jikalau efek tidak habis terjual di pasar perdana , maka pejamin emisi dapat mengembalikanya kepada emiten.

Jika efek yang dijual di pasar perdana mengalami kelebihan seruan dari jumlah efek yang ditawarkan , penjamin emisi juga bertugas dalam melaksanakan penjatahan efek.


Pialang

Pialang atau yang biasa disebut broker ialah perusahaan swasta atau negara (BUMN) yang kegiatan utamanya ialah melaksanakan penjualan atau pembelian efek di pasar sekunder.

Kaprikornus , pialang bertugas sebagai penghubung antara emiten dan investor dalam transaksi jual-beli efek di pasar sekunder.

Namun , pialang juga diharapkan di pasar perdana yaitu untuk membantu penjamin emisi dalam memasarkan efek , yaitu sebagai biro penjual.

Untuk bisa melaksanakan transaksi , maka perusahaan pialang harus menjadi anggota bursa yang bersangkutan , sehingga mempunyai hak untuk transaksi di bursa tersebut.

Untuk kepentingan tersebut , maka perusahaan pialang harus memiliki wakil (disebut WPPE : Wakil Perantara Perdagangan Efek) yang sudah teruji oleh standar profesi yang ditempatkan di lantai bursa.

Selain itu , perusahaan pialang memiliki kekerabatan yang sangat erat dengan investor , bisa dikatakan bahwa perusahaan pialang bertugas mewakili kepentingan investor.

Karena , selain sebagai perantara , perusahaan pialang juga merupakan sumber isu utama dan terdekat bagi investor.

Perusahaan pialang yang baik biasanya juga akan menyediakan faslitas riset yang bisa menunjukkan pesan yang tersirat kepada investor dalam melaksanakan investasi.

Untuk jasa yang diberikan perusahaan pialang kepada investor , maka investor harus membayar fee yang besarnya tergantung negosiasi. Dimana fee tersebut dikenakan pada investor setiap terjadi transaksi baik jual maupun beli.


Manajer Investasi

Manajer Investasi (MI) ialah perusahaan yang kegiatanya menyelenggarakan portofolio efek yang dijual kepada investor melaui penerbitan akta reksadana.

Apa itu reksadana? Baca [Mengenal perihal reksadana]

Manajer investasi ini layaknya perusahaan pialang , yang membedakan ialah jikalau perusahaan pialang hanyalah berupa perantara perdagangan , sedangkan manajer investasi bertugas untuk mewakilkan kepentingan investor dalam investasi di pasar modal.

Manajer Investasi memiliki peran yang sangat penting terutama bagi investor yang masih belum mengenal betul perihal pasar modal. 

Karena dengan menginvestasikan uang kita di manajer investasi berarti kita mempercayakan uang kita pada tenaga yang profesional yang sudah alih di bidangnya , sehingga resiko dapat diminimumkan.


Penasehat Investasi

Penasehat Investasi (PI) ialah perusahaan atau perorangan yang kegiatan usahanya ialah menunjukkan nasehat , membuat analisis , dan membuat laporan mengenai efek kepada investor dan mendapat imbalan berupa balas jasa.

Penasehat investasi berperan membantu investor dalam mempermudah pengambilan keputusan investasi dan juga mambantu dalam membuat portofolio efek (penentuan bobot investasi untuk masing-masing efek).

Peran penasehat investasi gotong royong hampir sama dengan manajer investasi , yang membedakan ialah penasehat investasi hanya bertugas menunjukkan nasehat kepada investor dan mendapat imbalan berupa balas jasa.

Sedangkan manajer investasi berperan dalam menunjukkan nasehat sekaligus mengelola dana dari investor dan mendapat imbalan berupa fee yang dikenakan tiap transaksi.