Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Tips Memulai Bisnis Jahit di Rumah

Cara Menjadi Kaya |
Jika Anda ingin membuka sebuah usaha yang bergelut di bidang jahit-menjahit , namun menemui rintangan pada ketika ingin memulainya , ada beberapa saran yang harus Anda perhatikan sebelum benar-benar memulainya. Ingin tahu apa saja sarannya? Ini dia:


Latih kemampuan menjahit

Sebagai seorang penjahit , tentunya diharuskan memiliki skill dan kemampuan yang handal demi membuatkan usaha jahit Anda. Langkah awal sebelum membuka usaha jahit di rumah yakni dengan serius mengikuti jadwal pelatihan menjahit dan terus membuatkan kemampuan biar lebih bervariasi. Tujuannya selain menawarkan jahitan yang berkualitas , Anda juga memudahkan pelanggan yang akan menggunakan jasa Anda.


Penjahit yang baik selalu bisa memenuhi seruan dan kebutuhan pelanggannya.  Anda bisa memilih di antara pelayanan dalam menjahit yang ada , pilih salah satu yang cocok dan bisa dilakukan dengan menyesuaikan kemampuan Anda , misalnya membuat jahitan kemeja sarimbit atau pasangan. Penawaran menyerupai itu akan bisa membuat pelanggan merasa yakin kalau ingin menjahitkan baju pasangan tersebut kepada Anda yang memang jago di bidang tersebut.


Peralatan

Jika sudah memutuskan jenis jahitan mana yang menjadi andalan untuk Anda kerjakan , langkah selanjutnya yakni mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk modal awal. Peralatan untuk membuka usaha jahit di rumah tentu saja mesin jahit beserta perangkat pendukungnya. Kelompokkan alat mana saja yang sudah Anda miliki , dengan begitu akan memudahkan pembelian alat lain yang masih dibutuhkan.


Lisensi

Anda bisa melaksanakan pengecekan di departemen atau kantor terkait mengenai lisensi yang mungkin dibutuhkan ataupun mengenai besaran pajak yang diharuskan apabila membuka sebuah usaha , di rumah misalnya. Hal ini penting dilakukan mengingat Anda masih gres di dunia urusan ekonomi , dan hal ini akan menjadi langkah baik untuk berjaga-jaga kalau di masa depan terdapat hal-hal yang di luar kendali.

Dengan payung hukum dan pengesahan yang sudah ada di tangan , Anda bisa menghandel semuanya. Pertimbangkan pula berapa banyak biaya yang dibutuhkan untuk memuluskan lisensi itu , alasannya bisa jadi uang yang Anda siapkan belum cukup untuk menutupi semua pengeluaran di awal ketika memulai usaha.


Alokasi waktu

Hal  penting  lain yang harus dipikirkan di awal ketika membuka usaha yakni adanya alokasi waktu yang harus disisihkan untuk memulai urusan ekonomi jahit di rumah. Anda tidak selalu harus melaksanakan semua pekerjaan seorang diri dan full time. Putuskan saja ingin memulai usaha jahit menyerupai apa. Jika dilakukan secara full time , maka Anda hanya harus berfokus pada usaha jahit Anda.

Otomatis untuk sementara waktu tidak memerlukan karyawan untuk membantu menjahit. Namun , kalau hanya ingin mengerjakannya paruh waktu disela-sela kesibukan yang lain , maka mempekerjakan beberapa karyawan yang nantinya bisa meneruskan pekerjaan Anda setelah setengah hari merupakan solusi yang baik. Karyawan ini bisa terus dipekerjakan selanjutnya sebagai partner yang dari awal sudah mengerti mengenai konsep dan sistem kerja di kawasan usaha jahit Anda.


Buat range harga

Dalam sebuah usaha apalagi usaha rumahan , pastinya diharapkan usaha yang lebih keras untuk bisa terus bertahan. Hal lain yang harus dipersiapkan yakni mengenai range harga. Harga yang Anda patok bisa beragam , sesuai dengan kebutuhan dan mudah sulitnya sebuah jahitan. Anda bisa melaksanakan investigasi dan observasi ke tempa-tempat usaha jahitan sekitar untuk menentukan berapa kira-kira patokan harga wajar yang bisa ditetapkan.

Namun kalau sulit untuk melaksanakan observasi pribadi ke tempat-tempat usaha lain , Anda bisa pribadi menengok ke pameran-pameran busana yang banyak diadakan di pusat-pusat perbelanjaan atau hall. Disana Anda bisa melihat bagaimana pakaian-pakaian dijual dengan harga yang menarik.

Dengan begitu , Anda bisa mempelajari dan menghitung sendiri berapa harga yang harus dipatok. Cara lain yang lebih mudah yakni dengan bertanya kepada rekan atau kolega Anda mengenai harga-harga yang pantas untuk dipasang di produk yang Anda jual. Biasanya saran dari sobat dan kenalan bisa membantu menemukan wangsit yang baik.


Buat ruang

Walaupun usaha jahit dilakukan di rumah , bukan berarti semua bisa dikerjakan asal-asalan dan sembarang tempat. Anda harus mencari kawasan kosong yang memungkinkn untuk disulap menjadi ruang kerja sederhana yang memungkinkan Anda untuk melaksanakan pekerjaan awal sebagai pengusaha jahit.

Pastikan kawasan yang akan dipakai sebagai kawasan usaha yakni ruang bebas yang tidak sibuk dengan lalu lalang orang-orang atau keluarga. Di kawasan tersebut , Anda bisa menempatkan semua peralatan dan kebutuhan sebagai seorang penjahit. Tempat alternatif yang bisa dipakai yakni garasi.

Garasi bisa Anda jadikan alternatif yang membuat Anda selalu bisa kalem dalam bekerja. Letakkan semua peralatan di kawasan yang selalu bisa dijangkau di sekitar Anda. Persiapkan semua di awal , dan jangan meremehkan pekerjaan.


Rencana

Dalam semua usaha pasti memerlukan rencana. Baik itu rencana awal , rencana pemasaran ataupun rencana ekspansi. Ada banyak hal yang bisa dilakukan kalau ingin melaksanakan pemasaran usaha dengan sempurna , di antaranya yakni membuat website. Pemasaran melalui web atau internet terbukti ampuh untuk menarik pelanggan , alasannya dengan zaman yang serba teknologi , orang-orang pun lebih suka mengakses info dari internet.

Rencanakan bagaimana cara pemasaran dan konsep Anda di internet. setelah di pasanag , Anda hanya harus menunggu iklan tersebut dibaca dan direspon. Cara lain yaitu dengan meminta izin pada toko atau kawasan urusan ekonomi di sekitar untuk membolehkan memasang iklan dan kartu nama di toko mereka.

Pastikan toko tersebut yakni kawasan urusan ekonomi yang sudah memiliki nama , sehingga akan banyak orang yang datang melihat promo Anda. Cara lain yang lebih komesial yaitu dengan memasang iklan di koran atau radio. Melalui media ini , Anda bisa terus memperluas  wilayah insan yang tahu usaha Anda.


Persiapkan rekening

Jikapun sudah memiliki rekening yang biasa dipakai sehari hari , ada baiknya Anda membuka rekening gres yang khusus dipakai dalam bisnis. Ini akan memudahkan untuk menghitung pemasukan , keuntungan dan kerugian kalau mungkin. Rekening pemanis juga akan memudahkan proses transaksi tanpa tercampur dengan keperluan pribadi dan pemasukan di rekening lain.


Pembukuan

Anda harus pastikan selalu membuat pembukuan dan rekap pemasukan dan pengeluaran yang Anda terima. Hal ini akan semakin memperjelas berapa pendapatan , keuntungan , sampai mempermudah penghitungan pajak , tagihan , ataupun gaji karyawan kalau Anda memilikinya.

Usaha dalam urusan ekonomi jahit itu mudah , asalkan Anda menerapkan beragam tips dan petunjuk di atas. Karena pada dasarnya semua urusan ekonomi yang tampak sulit dilakukan , kalau kita mengetahui kunci suksesnya , maka semua hal menjadi mungkin diraih. Yang harus Anda ingat yakni selalu kedepankan pelayanan yang ramah , ikhlas dan kualitas produk yang dapat dipercaya. Hal itu akan semakin memuluskan jalan Anda menuju kesuksesan.